London Punya Jalan Pintar Yang Bisa Cegah Kecelakaan, Indonesia Kapan?

Image result for london street

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Setiap tahun, banyak sekali kasus kecelakaan yang tak jarang menarik perhatian karena melibatkan banyak korban atau terjadi di momen yang dramatis seperti halnya ketika Lebaran. Kasus kecelakaan kendaraan bermotor ini terjadi karena banyak sekali faktor, yang pertama jelas disebabkan kecerobohan manusia itu sendiri. Banyak orang yang menyetir kendaraan dalam kondisi fokus yang tidak sampai 100 persen.

Ada yang memaksakan diri menyetir ketika mengantuk, ada yang menyepelekan lalu lintas dan sibuk bermain gadget, ada pula yang kurang konsentrasi karena bersenda gurau dengan penumpang yang dibawa di mobil maupun sepeda motor. Tak cuma itu saja, bahkan beberapa tahun terakhir mulai banyak orang yang mengabadikan momen berkendara ke dalam YouTube dalam bentuk vlog. Sambil memegang kamera dan asyik berbicara kepada orang lain, jelas konsentrasi menyetir akan terganggu sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kecerobohan lain yang juga bisa menyebabkan kecelakaan adalah banyaknya pelanggaran lalu lintas. Tak sedikit pengemudi yang ternyata belum memiliki SIM karena masih di bawah umur. Ada juga yang usianya sudah mencukupi tapi tidak memiliki SIM karena selalu gagal pada waktu tes. Selain itu, banyak juga pengendara yang enggan mematuhi peraturan lalu lintas. Mulai dari lampu lalu lintas hingga tanda dilarang belok atau berputar sering kali diabaikan. Terkesan sepele, padahal kebiasaan tersebut bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: 5 Program Pemrosesan Data Alternatif Selain Microsoft Office

Selain dari faktor manusianya sendiri, ada pula faktor lain yang menyebabkan terjadinya kecelakaan yakni kondisi jalan yang kurang baik. Jalan beraspal yang dilakukan kendaraan bermotor harusnya mulus, tidak berlubang, tidak bergelombang, memiliki ketinggian yang sama, serta dilengkapi dengan garis penunjuk. Sayangnya, di Indonesia masiih banyak jalan beraspal yang tidak memenuhi standar dasar tersebut. Sedangkan di negara lain sudah banyak jalan yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Ya, Anda tak salah baca! Kini teknologi pun bisa diterapkan ke jalan raya seperti yang dilakukan di Mitcham, London, Inggris. Di daerah ini, ada sebuah prototype jalan super pintar yang diberi nama The Smart Crosswalk. Jalanan ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat pengguna jalan lebih aman, baik itu yang naik kendaraan bermotor maupun yang berjalan kaki. Apa saja kira-kira fitur yang ada pada jalan pintar tersebut dan mungkinkan jika diadopsi di Indonesia? Yuk, simak informasinya berikut ini:

Tanpa perlu tengok kanan kiri, kamu sudah bisa langsung melenggang dengan tenang. Kalau pun ada mobil melaju, mereka akan diberi peringatan otomatis

Baca juga: Ulasan Lengkap Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Redmi S2

Jalan raya dibuat sesuai dengan kebutuhan setiap orang melalui AI dan panel LED

Beberapa tahun terakhir, teknologi yang berkenaan dengan AI alias artificial intelligence atau kecerdasan buatan memang berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya dirupakan dalam bentuk robot, teknologi ini juga diterapkan dalam jalan pintar yang ada di London.  Dengan adanya AI ini, jalanan pun berubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya saja, jalanan pintar di London tidak memiliki cat garis berwarna putih untuk tempat menyeberang. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menyeberang  jalan dan harus menemukan zebra cross dulu. Justru, Anda bisa berhenti di mana pun untuk menyeberang dan AI akan langsung memunculkan zebra cross melalui panel LED.

Mobil dan kendaraan lain yang akan melintas pun akan diberi pemberitahuan bahwa beberapa meter di depan mereka ada zebra cross dan akan ada orang yang menyeberang. Bayangkan saja, jika teknologi ini diterapkan di Indonesia, angka kecelakaan antara pejalan kaki dan kendaraan bermotor pasti bisa berkurang. Dan mungkin tak akan perlu lagi pembangunan jembatan penyeberangan yang malah banyak difungsikan sebagai tempat berjualan pedagang kaki lima.

Uniknya lagi, lebarnya zebra cross ini juga secara otomatis akan menyesuaikan dengan jumlah penyeberang. Misalnya saja, jika ada 10 orang yang berdiri sejajar untuk menyeberang, maka lebar zebra cross yang tadinya hanya 2 meter bisa bertambah hingga 5 meter sesuai dengan banyaknya orang. Hal ini tentu lebih efektif untuk memastikan penyeberang berada di area aman sehingga tidak akan tertabrak kendaraan yang melintas.

Ada tanda khusus yang memberitahukan kalau jalanan sedang tidak aman diseberangi

Selain bisa menampilkan zebra cross secara tiba-tiba saat akan ada orang yang mau menyeberang, jalan pintar ini juga akan menunjukkan tanda saat ada bahaya. Misalnya saja tiba-tiba ada anak kecil yang berlari ke jalan raya, maka permukaan jalan secara otomatis akan berubah warna menjadi merah. Hal tersebut akan membuat anak yang berada di atas jalan lebih waspada dan ia tidak akan bergerak untuk beberapa saat. Mobil dan motor yang melintas pun akan menjadi aware karena melihat warna merah yang ada di jalan sehingga tidak terus berjalan.

Tak hanya itu saja, saat berhenti di lampu merah, jalan ini secara otomatis akan menampilkan bagian-bagian berbeda untuk berhentinya kendaraan. Di bagian depan, ada tanda berwarna biru dengan gambar sepeda. Itu artinya, area terdekat dari lampu lalu lintas hanya boleh berada di area biru tersebut, sementara di belakangnya baru digunakan untuk kendaraan bermotor. Cara ini sangat efektif mencegah kendaraan besar menyenggol kendaraan kecil seperti sepeda angin.

The Smart Crosswalk ini juga akan menampilkan garis tengah secara otomatis saat ada mobil yang melaju di dua sisi jalan secara bersamaan. Garis tengah ini berfungsi untuk menunjukkan batas jalan sehingga tidak akan ada mobil yang melintas di luar jalurnya. Uniknya, garis ini akan menghilang dengan sendirinya ketika tidak ada mobil yang melintas atau hanya ada 1 mobil saja yang melintas di salah satu sisi jalan.

Mungkinkah hadir di Indonesia?

Di London sendiri, The Smart Crosswalk ini masih berupa prototype sehingga memang belum digunakan di seluruh ruas jalan. Meski demikian, jalan pintar ini dianggap sangat cerdas dan bisa membantu menekan angka kecelakaan serta mengurangi masalah lalu lintas. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Mungkinkah Indonesia punya teknologi secanggih ini di jalan raya? Jawabannya tentu saja mungkin, tapi sepertinya tidak dalam waktu dekat sebab ada banyak sekali hal yang perlu diperbaiki sebelum menerapkan The Smart Crosswalk ini.

Pertama, kondisi jalan di Indonesia sendiri masih jauh dari sempurna dengan lubang di sana-sini. Hal tersebut tentu menjadikan pembuatan The Smart Crosswalk memakan lebih banyak tenaga, waktu, dan biaya karena harus menciptakan area yang mulus dan juga memasang sistem LED. Selain itu, teknologi ini harus dioperasikan dengan baik sehingga butuh tenaga ahli yang benar-benar dapat menjalankannya. Berdoa saja ya, supaya The Smart Crosswalk ini bisa segera hadir di Indonesia dan menjadikan lalu lintas tanah air jauh lebih baik!

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *